Senin, 02 Maret 2015

Yang Harus Dilakukan Pasca Operasi Varikokel

Salah seorang pasien operasi varikokel yang sebelumnya sukses menjalani operasi menanyakan pada dokternya mengapa tidak ada perbaikan pada kondisi testisnya. Berikut keterangan dokter terhadap fenomena tersebut
 
Operasi varikokel umumnya membutuhkan waktu 1-2 jam tergantung dari tingkat keparahan dan seberapa besar penyebaran varikokel. Proses penyembuhan atau masa kritis 3-7 hari dimana fasi ini umumnya dokter akan meminta pasien tinggak dirumah sakit untuk memastikan tidak ada komplikasi dan infeksi yang muncul pada daerah yang dioperasi.
 
Pada 1-2 bulan pertama, keadaam scrotum alias testis hampir sama dengan keadaan sebelum dioperasi, tetapi tentunya ini terkadang berbeda antara 1 orang dengan orang lain. Tergantung reksi tubuh dan keparahan penyakit. Setelah 4-6 bulan dari operasi, jika tidak terjadi varikokel lanjutan, kualitas sperma mulai membaik.
 
Sperma mulai kental, warnanya memutih dan meningkat volumenya. Bagi yang kantung testisnya sudah mengecil bisa membutuhkan 8-16 bulan untuk kembali seperti semula. Itupun harus dibantu dengan nutrisi yang baik.

Olahraga kecil akan membantu mempercepat penyembuhan pasca operasi varicocele. Hindari olahraga yang membuat anda mengenjan. Cukup jalan kaki di pagi hari dan jogging jika sudah yakin luka operasinya sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar